Aryat (Ayat) dari Al-Qur’an tentang Doa Bersujud

Untuk Muslim, membungkuk dan bersujud kepada Allah beberapa kali sehari selama doa harian adalah elemen kunci dari iman mereka. Ada lima belas ayat dalam Al Qur’an yang memuji mereka yang “bersujud kepada Allah.” Bagi umat Islam, menunjukkan kerendahan hati kepada Allah dengan cara ini adalah apa yang memisahkan orang percaya dari orang yang tidak percaya. Ketika membaca ayat-ayat yang tercantum di bawah ini, umat Islam harus melakukan sujud ekstra untuk menunjukkan kesediaan untuk merendahkan diri mereka di hadapan Allah.

belajar mengaji

Tindakan ini dikenal sebagai “sajdat al-tilaawah” (bersujud pengajian).

Nabi Muhammad pernah berkata bahwa “Ketika putra Adam (yaitu manusia) membacakan sebuah ayat sujud dan bersujud, Setan menarik diri, menangis dan berkata: ‘Celakalah aku … putra Adam diperintahkan untuk bersujud dan dia bersujud, jadi Surga akan menjadi miliknya; saya diperintahkan untuk bersujud dan saya menolak, jadi Neraka adalah milik saya. ‘”

Praktek yang Tepat untuk Muslim Membaca Ayat
Ketika membaca ayat-ayat atau mendengarkan pengajian, dianjurkan untuk bersujud (membuat sujood) satu kali setelah membaca salah satu dari ayat-ayat ini. Namun, itu bukan kewajiban untuk melakukannya, dan itu bukan dosa untuk menghilangkan praktik ini.
Ketika berdoa di penghafalan ayat tersebut, penyembah harus mengatakan “Allahu Akbar” dan pergi langsung dari berdiri untuk bersujud, tanpa membungkuk di antara. Setelah satu sujood, sang penyembah berkata, “Allahu Akbar,” berdiri dan melanjutkan doa. Jika berdoa di belakang seorang imam, Anda seharusnya hanya membuat sujood al-tilaawah jika imam melakukannya.
Ketika mendengarkan atau membaca Al Qur’an di luar doa, seseorang harus mengatakan “Allahu Akbar” dan berlutut di lantai dan membuat sujood ketika mencapai salah satu dari ayat-ayat ini. Menurut sebagian besar pendapat ilmiah, tidak perlu berada dalam keadaan wudhu, menghadap kiblat, atau berpakaian sederhana / sederhana untuk sujud ini, seperti yang diperlukan untuk doa. Namun, disarankan untuk memperlakukan sujud ini dengan tingkat penghormatan dan kerendahan hati yang sama.

ada sebuah metode bagus bernama rubaiyat yang sangat mudah diikuti untuk belajar alquran

Untuk Ayat Yang Harus Kita Buat Sajdah al-Tilaawah?
Lokasi dari ayat-ayat ini ditandai dalam teks Arab Al-Qur’an (mus-haf) dengan simbol dalam bentuk mihrab. Kelima belas ayat tersebut adalah:

belajar mengaji

Tentunya orang-orang yang bersama Tuhanmu (para malaikat) tidak pernah terlalu sombong untuk melakukan ibadah kepada-Nya, tetapi mereka memuliakan Pujian-Nya dan bersujud di hadapan-Nya. (Al-Quran 7: 206)
Dan kepada Allah (Alone) jatuh sujud siapapun yang ada di langit dan di bumi, dengan rela atau tidak, dan begitu juga bayangan mereka di pagi hari dan di sore hari. (Quran 13:15)
Dan kepada Allah bersujud semua yang ada di langit dan semua yang ada di bumi, dari makhluk hidup yang bergerak dan para malaikat, dan mereka tidak bangga. (Quran 16:49)
Katakan (O Muhammad): Percaya padanya (Quran) atau tidak percaya. Sesungguhnya! Mereka yang diberi pengetahuan sebelum itu, ketika dibacakan kepada mereka, jatuh di wajah mereka dalam sujud sederhana. (Quran 17: 107)

tidak ada alasan sibuk karena banyak juga cara belajar mengaji sendiri 
… Ketika Ayat-ayat Maha Bijaksana (Allah) dibacakan kepada mereka, mereka jatuh bersujud dan menangis. ”(Quran 19:58)
Tidakkah kamu melihat bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit dan apa pun yang ada di bumi, dan matahari, bulan, bintang-bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, semua makhluk hidup, dan banyak manusia? (Quran 22:18)
Oh kamu yang percaya! Tunduk dan bersujud, dan menyembah Tuhanmu dan berbuat baik bahwa Anda mungkin berhasil. (Al-Quran 22:77) * Ayat ini diperdebatkan sebagai ayat sajdah oleh beberapa sarjana. Ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa umat Islam awal memang bersukacita atas ayat ini, tetapi yang lain menyebutkan kurangnya bukti. Jadi beberapa ahli menghitungnya sementara yang lain tidak.
Dan ketika dikatakan kepada mereka: ‘Bersujud kepada Yang Paling Bermanfaat (Allah)!’ Mereka berkata, ‘Dan apakah Yang Paling Bermanfaat? Haruskah kita jatuh bersujud kepada apa yang Anda (O Muhammad) perintahkan kepada kita? ‘Dan itu meningkatkan hanya keengganan mereka. ”(QS 25:60)
Setan telah melarang mereka dari jalan Allah, sehingga mereka tidak menyembah (bersujud di hadapan) Allah, Yang membawa terang apa yang tersembunyi di langit dan bumi, dan mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. (Quran 27:25)

belajar mengaji
Hanya mereka yang percaya pada tanda-tanda Kami, yang, ketika mereka diingatkan tentang mereka jatuh bersujud, dan memuliakan Pujian dari Tuhan mereka, dan mereka tidak sombong. (Quran 32:15)
… Dan Dawood (Nabi Daud) menduga bahwa Kami telah mencoba dia dan dia mencari pengampunan dari Tuhannya, dan dia jatuh bersujud dan berbalik (kepada Allah) dalam pertobatan. (Quran 38:24)
Dan dari antara Tanda-tanda-Nya ada malam dan siang, matahari, dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari atau ke bulan, tetapi bersujud kepada Dia yang menciptakan mereka, jika kamu (benar-benar) menyembah-Nya. ”(Al-Quran 41:37)

dan banyak cara juga untuk mempermudah belajar mengaji alquran di rumah asalkan kita mau fokus dan pantang menyerah
Jadi jatuh bersujud kepada Allah, dan menyembah-Nya (Sendiri). (Quran 53:62)
Dan ketika Quran dibacakan kepada mereka, mereka tidak jatuh bersujud. (Quran84: 21)
… Jatuh bersujud dan mendekat kepada Allah! (Quaran 96:19)