Gejala Penyakit Jantung dan Cara Penanganannya

Manajemen & Perawatan Gejala Penyakit Jantung

 

Gejala Penyakit Jantung dan Cara Penanganannya

 

Ada banyak cara berbeda untuk mengelola dan mengobati gejala penyakit jantung. Ini termasuk mengelola tekanan darah, kolesterol, jenis makanan terbaik, menjadi aktif dan bahkan mengelola depresi dan diabetes jika Anda memilikinya.

Informasi berikut membahas manajemen medis untuk gejala penyakit jantung.

Kelola tekanan darah

Ketahui dan pahami angka tekanan darah Anda untuk memastikan angkanya tidak terlalu tinggi. Angka tekanan darah termasuk:

  • tekanan sistolik – tekanan saat jantung berdetak saat memompa darah
  • tekanan diastolik – tekanan saat jantung beristirahat di antara detak jantung

Anda sering melihat angka tekanan darah ditulis dengan:

angka sistolik pertama / angka diastolik kedua – seperti 120/80 mmHg

MmHg adalah milimeter air raksa yang merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur tekanan darah.

Minta dokter Anda untuk secara teratur memeriksa tekanan darah Anda. Pada saat yang sama, diskusikan target apa yang sehat untuk Anda. Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai hipertensi.

Aktivitas fisik yang teratur, rencana makan yang sehat dan, jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan akan membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada obat untuk menjaga tekanan darah tinggi. Beberapa wanita perlu minum obat untuk tekanan darah tinggi untuk mengurangi risiko gejala penyakit jantung lebih lanjut.

Makan untuk menurunkan tekanan darah dan gejala penyakit jantung

APA YANG HARUS DILAKUKAN DAN BAGAIMANA MEMBANTU

Kurangi asupan garam

Mengurangi asupan natrium (garam) mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik. Efek mengurangi asupan natrium lebih besar pada orang dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) daripada tekanan darah normal.

DASH diet

DASH (Pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi) adalah diet sehat yang kaya akan sayuran, buah-buahan, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian serta sereal rendah sodium. Mengandung ikan, ayam, dan daging tanpa lemak dan rendah lemak jenuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi diet jenis ini telah mengurangi tekanan darah mereka.

Batasi asupan alkohol.

Ada hubungan antara hipertensi dan konsumsi alkohol. Dianjurkan bagi orang dengan tekanan darah tinggi untuk memastikan bahwa mereka mengikuti pedoman umum untuk konsumsi alkohol (yaitu mereka tidak mengkonsumsi lebih dari 2 minuman standar sehari).

Kelola kolesterol

Ketahui dan pahami kadar kolesterol. Kolesterol total bisa tinggi sejak usia muda, jadi teruslah periksa. Ada pedoman umum untuk membantu Anda mengetahui apakah kolesterol Anda terlalu tinggi, tetapi hal-hal seperti sejarah keluarga dan latar belakang budaya harus dipertimbangkan ketika memutuskan apakah kolesterol terlalu tinggi.

Secara umum direkomendasikan bahwa jika kolesterol bergerak ke 6.0 atau lebih, perlu untuk mengambil tindakan untuk menguranginya.

Akumulasi kolesterol yang lambat di lapisan dalam arteri jantung adalah penyebab utama gejala penyakit jantung. Kolesterol “jahat” (LDL) dapat terakumulasi di dalam arteri, mempersempitnya dan membuat perjalanan darah menjadi lebih sulit. Arteri yang sempit bisa tersumbat, menghentikan aliran darah. Arteri yang terhambat dapat menyebabkan kekurangan oksigen ke jantung (infark) atau ke otak (stroke).

Kolesterol darah tinggi adalah salah satu dari tiga faktor utama yang menciptakan risiko gejala penyakit jantung. Dua faktor risiko gejala penyakit jantung lainnya adalah merokok dan hipertensi.

Menjaga berat badan, mencegah kenaikan berat badan dan, jika mungkin, menurunkan beberapa kilogram jika Anda kelebihan berat badan, sangat penting untuk mengelola kadar kolesterol dalam darah dan gejala penyakit jantung. Makanan sehat dan aktivitas fisik teratur akan membantu dalam mengelola kadar kolesterol tinggi, tetapi ada juga sejumlah obat yang mungkin diperlukan untuk menjaga kolesterol tetap terkendali. Beberapa wanita perlu minum obat kolesterol tinggi sebagai cara penting untuk mengurangi kerusakan pembuluh darah dan arteri di masa depan.

Direkomendasikan:

Makan untuk menurunkan kolesterol dan gejala penyakit jantung

Tips makanan berikut ini dapat membantu Anda mengelola dan mengurangi kolesterol serta gejala penyakit jantung.

Makan lebih sedikit lemak jenuh. Lemak jenuh terutama ditemukan dalam produk-produk yang berasal dari hewan, minyak kelapa sawit dan minyak kelapa. Anda dapat mengurangi asupan Anda dengan menggunakan produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak dan dengan membatasi makanan olahan yang tinggi lemak jenuh (misalnya kue kering, biskuit, kentang goreng, pai).

Sertakan sedikit lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda

  • Penggunaan lemak mono atau tak jenuh ganda termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, minyak dan margarin akan membantu mengurangi kadar kolesterol
  • Ikan dan sumber lain dari lemak omega-3 dapat mengurangi trigliserida dan membantu meningkatkan kesehatan jantung – cobalah makan setidaknya 2 kali ikan setiap minggu

Termasuk makanan serat tinggi. Tubuh membutuhkan serat yang tidak larut dan larut. Serat larut memainkan peran penting dalam menurunkan kolesterol LDL. Sumber serat larut termasuk serpihan gandum, muesli, dedak gandum, dedak padi, gandum, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. Sertakan beberapa sumber serat larut sebagai bagian dari konsumsi serat setiap hari.

Sertakan sterol tanaman

  • Plant sterol menurunkan kadar kolesterol dengan menghambat penyerapan kolesterol dari usus – mereka secara alami ditemukan dalam minyak nabati dan dalam jumlah kecil di sebagian besar makanan nabati, tetapi produk yang diperkaya dengan sterol dapat membantu Anda meningkatkan asupan sayuran sterol dan mengurangi kolesterol LDL
  • Makanan yang diperkaya sterol meliputi penyebaran (mis. Proaktif, HeartPlus) dan susu (mis. HeartActive) – bertujuan untuk memiliki 2-3 kursus makanan yang diperkaya sterol per hari (1 dosis = 2 sendok teh atau menyebarkan 1 cangkir susu) untuk membantu mengurangi LDL kadar kolesterol

Sertakan segenggam kecil kacang setiap hari. Makan sekitar 30 g kacang kenari setiap hari telah terbukti mengurangi kolesterol LDL dan mengurangi risiko gejala penyakit jantung – dengan tujuan untuk memasukkan berbagai jenis kacang yang berbeda.

Kegiatan lain untuk membantu mengelola dan menurunkan kolesterol serta gejala penyakit jantung:

  • olahraga
  • pengendalian berat badan
  • tidak merokok
  • mengatur asupan alkohol
  • menjaga tekanan darah pada tingkat normal
  • obat

Kelola berat badan dan aktivitas fisik

Ketika datang untuk mengelola gejala penyakit jantung, mengendalikan berat badan dan menjadi aktif secara fisik sangat penting. Ada banyak cara berbeda untuk menangani kelebihan berat badan. Jika Anda berjuang dengan kenaikan berat badan atau kelebihan berat badan, dokter Anda dapat mendiskusikan opsi dengan Anda dan bahkan ada lebih banyak informasi tentang hidup sehat.

Aktivitas fisik yang teratur dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta mengurangi lemak tubuh. Jika Anda sudah mengalami serangan gejala penyakit jantung atau stroke, aktivitas fisik dapat menjadi bagian dari rehabilitasi Anda.

Kelola depresi

Depresi telah dikaitkan dengan gejala penyakit jantung, jadi penting untuk mengelola depresi jika Anda memilikinya. Lihat halaman web kami untuk gejala depresi dan untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang dapat Anda lakukan jika terjadi depresi. Jika Anda khawatir tentang depresi dan risiko gejala penyakit jantung, kunjungi dokter Anda.

Kelola diabetes

Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, penting untuk mengetahui dan memahami cara mengelola diabetes dan gejala penyakit jantung.

Periksa kolesterol, tekanan darah, dan HbA1c Anda secara teratur dan ukur pinggang Anda secara teratur.

Diabetes, depresi dan gejala penyakit jantung

Mungkin ada hubungan fisik antara hormon yang mempengaruhi diabetes dan peningkatan risiko depresi, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Karena ada begitu banyak publikasi tentang diabetes tipe 2, didiagnosis dengan diabetes tipe 2 dapat membuat beberapa wanita merasa malu atau bersalah. Jika Anda merasa tertekan atau cemas tentang diabetes, konsultasikan dengan dokter Anda dan diskusikan cara terbaik untuk mengelola dan mengobati depresi, diabetes dan gejala penyakit jantung.