Gejala Penyakit Jantung Yang Jarang Diketahui

7 Tanda Serangan Gejala Penyakit Jantung Yang Sering Mudah Dilewatkan

 

gejala penyakit jantung yang jarang diketahui

 

Ketika beberapa orang memikirkan serangan jantung, mereka membayangkan bahwa seseorang menghancurkan dadanya secara dramatis dan jatuh ke tanah. Namun dalam kenyataannya, nyeri dada bukan satu-satunya indikator bahwa ada sesuatu yang salah, karena ada juga serangkaian tanda-tanda serangan jantung yang perlu diketahui. Mendeteksi tanda-tanda ini dari awal dapat membantu Anda mengetahui apakah ada sesuatu yang salah dan kadang-kadang dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati. Ini sangat penting bagi wanita, karena mereka lebih cenderung mengalami gejala-gejala penyakit jantung ini.

Gejala penyakit jantung tidak selalu berputar di sekitar dada, bahkan jika gejala penyakit jantung yang paling terkenal adalah nyeri dada,” kata ahli jantung Robert Segal, MD, dalam Bustle. “Namun, ini tidak selalu terjadi, ada sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan, seperti jenis kelamin, usia dan jenis gejala penyakit jantung.” Mengingat hal ini, penting untuk diingat bahwa hanya karena seseorang tidak mengalami sakit kanker payudara, yang [tidak berarti] bahwa mereka tidak mengalami serangan jantung, ada, apa yang kita sebut, tanda-tanda diam. ”

Penting untuk diingat bahwa gejala-gejala penyakit jantung ini saja dapat terjadi karena beberapa alasan, dan hanya karena Anda mengalaminya tidak berarti Anda mengalami serangan jantung. Tetapi jika beberapa gejala penyakit jantung terjadi secara bersamaan dan Anda tidak yakin mengapa, itu mungkin mengindikasikan serangan jantung dan intervensi medis segera mungkin diperlukan.

Berikut adalah tujuh tanda serangan gejala penyakit jantung yang tidak banyak diketahui, kata para ahli.

1. Kelelahan

Tanda halus serangan jantung adalah kelelahan. “Orang tiba-tiba merasa lelah dan memiliki sedikit energi”, kata Dr. Bustle. Lowell Steen Jr., MD, ahli jantung intervensi di University of Loyola Medical Center. “Agaknya, ini karena jantung tidak bekerja pada kapasitas penuh, sehingga curah jantung berkurang, yang berarti jantung sebenarnya memompa lebih sedikit darah ke tubuh.” Sementara kelelahan mendadak tidak selalu berarti bahwa seseorang mengalami serangan jantung, perhatikan jika disertai dengan gejala penyakit jantung lain seperti nyeri dada dan pusing.

2. Mual

Jika perut Anda terasa sakit luar biasa, itu mungkin pertanda ada sesuatu yang salah. “Tanda lain serangan gejala penyakit jantung adalah mual atau muntah”, kata dr. Steen. “Tidak diketahui mengapa ini terjadi, tetapi banyak pasien mengalami gejala penyakit jantung ini ketika mereka mengalami serangan jantung.” Mual yang berulang atau perasaan kelelahan fisik, bahkan jika belum bergerak, mungkin merupakan tanda peringatan, kata Dr. Segal. Ini sangat umum di kalangan wanita.

3. Ketidaknyamanan pada titik-titik lain dalam tubuh

Rasa sakit yang memancar dari belakang, leher, rahang, atau bahu mungkin mengindikasikan serangan gejala penyakit jantung, kata Dr. Luiza Petre, ahli jantung Bustle. Beberapa pasien merasakan mulas atau gangguan pencernaan. Atau Anda mungkin merasa mati rasa atau kesemutan di bahu dan lengan kiri Anda, kata ahli jantung Waqar Khan, M.D, kepada Bustle.

Baca Juga:

Klorofil Synergy
gejala gagal jantung
cara mengatasi penyakit jantung
penyumbatan jantung
gejala jantung koroner
penyebab penyakit jantung,

4. Berkeringat tiba-tiba

Berkeringat sambil mengalami ketidaknyamanan di dada, lengan, leher, atau rahang bisa berarti awal serangan gejala penyakit jantung, menurut sebuah studi University of Illinois di Chicago. Ini bisa menjadi awal serangan jantung jika Anda berkeringat, meskipun tidak bergerak atau berada di lingkungan yang panas, kata Dr. Segal.

5. Pusing / vertigo

“Ketika jantung terkena serangan jantung, kekuatan pompa darah menurun,” kata Dr. Petre. “Karena itu, lebih sedikit darah yang mencapai otak, membuat seseorang ingin pingsan.” Jika ini disertai dengan sesak napas atau kesulitan bernapas, berkonsultasilah dengan dokter, karena kesulitan bernafas adalah tanda umum dari serangan jantung.

6. Nyeri pada rahang / sakit gigi

Nyeri yang dimulai di dekat serangkaian saraf, seperti jantung Anda, dapat dirasakan di tempat lain di tubuh, menurut WebMD, dan rasa sakit ini bisa dialami di rahang atau mulut. “Bersamaan dengan sakit kepala yang menyertainya, ini bisa berarti serangan jantung,” kata dr. Segal. “Ini lebih sering terjadi pada wanita dan, secara umum, orang pergi ke dokter gigi alih-alih seorang ahli jantung, rasa sakit dapat berlangsung hanya beberapa menit, tetapi sayangnya itu tidak akan hilang dan akan terus kembali”.

7. Nyeri perut

Nyeri perut bisa berarti banyak hal, tetapi bisa merupakan gejala penyakit jantung, terutama jika itu ada di bagian atas perut. “Ini biasanya terjadi pada wanita yang menderita sakit perut parah,” kata dr. Segal. “Beberapa akan menggambarkan perasaan itu sebagai sesuatu yang sangat berat duduk di perut.”

Karena banyak dari gejala-gejala penyakit jantung ini dapat timbul dari masalah lain, itu dapat membingungkan jika mereka adalah tanda serangan jantung. Jika Anda tidak yakin, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya sudah memiliki ini? Apakah ini berbeda dari yang saya alami sebelumnya? Apakah itu disebabkan oleh stres atau usaha, dan itu datang dan pergi?” Indikasi bahwa ini mungkin tidak terhubung ke jantung adalah jika memburuk setelah makan, dihilangkan dengan sendawa atau jika rasa sakit direproduksi dengan gerakan tubuh atau batuk, kata Dr. Petre. Jika tidak satu pun dari kondisi ini berlaku, segera konsultasikan ke dokter